Perancangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor dan Geogebra pada Materi Kalkulus

Main Article Content

Devi Aprianti Rimadhani Agustini
Muhamad Rizki Wahyuddin
Rifty Pradana Gunawan

Abstract

Perkembangan teknologi yang cukup pesat memberi dampak yang besar termasuk dalam dunia pendidikan. Berbagai media pembelajaran kini dikembangkan dengan sentuhan teknologi yang akrab disebut sebagai pembelajaran digital, tidak terkecuali dalam pembelajaran matematika. Salah satu media pembelajaran digital yang banyak dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis Android. Pada penelitian ini, aplikasi pembelajaran matematika berbasis Android dibangun menggunakan MIT App Inventor dan Geogebra. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi android untuk pembelajaran matematika pada materi mengenai kalkulus khususnya kurva ketinggian suatu fungsi dua peubah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan model pengembangan Multimedia DevelopmentĀ  Life Cycle (MDLC) atau metode Luther yang terdiri dari enam tahapan, yaitu tahap konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan aplikasi, pengujian dan distribusi. Adapun pengujian perangkat lunak dilakukan melalui metode black-box. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model MDLC dapat digunakan dalam membangun media pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan fungsional aplikasi.

Article Details

Section
Articles

References

appInventor. (2023, April 14). Retrieved from App inventor MIT: https://appinventor.mit.edu/

Aulia, A., Rahmi, & Jufri, L. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis AndroidMenggunakan MIP App Inventorpada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas X SMKN 1 Kinali. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1475-1485.

Cholifah, W. N., Yulianingsih, & Sagita, S. M. (2018). PENGUJIAN BLACK BOX TESTING PADA APLIKASI ACTION & STRATEGY BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI PHONEGAP. Jurnal String, 3(2), 206-210.

Fitri, Lamada, M. S., & Zulhajji. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan MIT App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 4(1), 1-4.

Lina, S. Y., Ekowati, C. K., & Rimo, I. H. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP N 19 KOTA KUPANG. Fraktal : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 81-93.

Negara, H. R., Syaharuddin, Kurniawati, K. R., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA. Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42-45.

Prayogha, A. P., & Pratama, M. R. (2020). Implementasi Metode Luther Untuk Pengembangan Media Pengenalan Tata Surya Berbasis Virtual Reality. BIOS : Jurnal Teknologi Informasi dan Rekayasa Komputer, 1(1), 1-14.

Risma, Farida, & Andriani, S. (2021). Android Mobile Learning: MIT App Inventor Dan Pengembangannya Pada. Alphamath : Journal Mathematics of Education, 7(1), 64-72.

Sarrab, M., Elgamel, L., & Aldabbas, H. (2012). MOBILE LEARNING (M-LEARNING) AND EDUCATIONAL ENVIROMENTS. International Journal of Distributed and Parallel Systems (IJDPS) , 3(4), 31-38.

Statcounter. (2023, April 14). Retrieved from statcounter web site: https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia

Yosrita, E., & Cahyaningtyas, R. (2014). Penerapan Metode Pengembangan Multimedia Luther-Sutopo Pada Pengembangan Aplikasi Simulasi Untuk Menghitung Determinan Matrik. Jurnal Ilmiah FIFO, 6(1), 23-29.