Comic Math Dengan Pendekatan Etnomatematika Permainan Tradisional Engklak Pada Materi Bangun Datar

Main Article Content

Abd. Rauf BT
Juandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan comic math dengan pendekatan etnomatematika permainan tradisional engklak pada materi bangun datar yang valid, praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model menurut Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan angket. Angket digunakan untuk validasi ahli, respon guru dan siswa. Penelitian ini menghasilkan comic math dengan tingkat kevalidan sebesar 93,33% dengan kriteria sangat layak hasil angket respon guru dan siswa dengan rata-rata sebesar 88% dengan kriteria layak.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, DI dkk. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol 4. No 3. Hal 285-291. ISSN 2252-6927

Anitah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Buchori, Achmad and Rina Dwi Setyawati. (2015). Development Learning Model of Charactereducation Through E-Comic In Elementary School. International Journal of Education and Research. Vol. 3. No. 9. Pages 369- 386. ISSN: 2411-5681

Graham, Steven. (2011). Comics in the Classroom: Something to Be Taken Seriously. Language Education in Asia. Volume 2. Issue 1. Pages 92-102

Gumelar, M. S. 2011. Comic Making. Jakarta: Indeks

Ismawanto. (2014). Pengembangan CD Interaktif Berbantuan Swishmax Dengan Model Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Semester II. Prosiding Mathematics And Sciences Forum 2014. Vol 2. No. 2. Hal 527-534. ISBN 978-602-0960-00-5

Massarwe, Khayriah etc. 2010. An Ethnomathematics Exercise in Analyzing and Constructing Ornaments in a Geometry Class. Journal of Mathematics & Culture. Vol. 5. No. 1. Hal 1-20. ISSN 1558-5336

Murtianto, Yanuar Hery dan Lukman Harun. (2014). Pengembangan Strategi Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Regulasi Diri Siswa. AKSIOMA. Vol 5. No 2. Hal 76-92

Rasiman dan Noviana Dini Rahmawati. (2014). Pengembangan Media E- Comic Berbasis Flip Book Maker dengan Pendekatan Scientific Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP N 15 Semarang. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014. Vol 3. No 1. Hal 643-650. ISBN 978-602-0960-00-5

Reilly, Edel M. (2014). Superheroes in Math Class: Using Comics to Teach Diversity Awareness. International Journal work and days Vol. 32. No. 1&2. Hal 61-74

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.